Friday 28 June 2013

Faktor anak terjerumus kedalam Narkoba

     
       Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Narkoba sangatlah berbahaya sekali bagi kesehatan, janganlah kita mencoba atau memakainya, atau juga menjualnya, di indonesia banyak sekali orang memakai Narkoba beragam alasan mereka katakan kenapa terserumus kedalam lubang setan tersebut, tapi ada beberapa faktor besar yang dapat kita lihat kenapa mereka terjerumus kedalam hal tersebut, faktor-faktor tersebut antara lain :

1. Dari diri sendiri
    


       Semua tindakan yang kita lakukan pada dasarnya itu adalah keputusan kita, terkadang tindakan kita itu adalah tindakan yang salah sehingga membuat dampak buruk kepada diri kita sendiri atau orang lain. Janganlah kamu mencoba-coba terhadap narkoba karena nanti kamu akan ketagihan jika kamu sudah ketagihan kamu akan sulit untuk terlepas dari barang ini, dari pada mencoba hal ini lebih baik anda mencoba hal-hal positif seperti memanjat tebing, berkemah atau kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. saran untuk anda jika anda seorang orang tua maka hendaklah bekali anak anda dengan ilmu agama, saya tidak tahu anda agama apa tapi yang saya tahu semua agama tidak mungkin memberikan pelajaran yang salah, mungkin jika ada yang salah di agama anda pastilah ada yang merubahnya.


2. Keluarga
       Keluarga adalah faktor terpenting yang membentu keperibadian anak atau tindakan anak. Jika anda seorang ayah atau ibu maka hendaklah anda menjaga kerukunan terhadap pasangan anda sehingga anak anda tidak mengalami stres baik secara langsung maupun tidak langsung. Bukan hanya menjaga ketengan anda juga harus memperhatikan anak anda beri mereka kasih sayang, buatlah waktu luang untuk mereka dan tanyalah apa yang terjadi kepada mereka, apa masalah yang mereka hadapai baik di sekolah atau yang lainnya, sehingga anak anda tidak terjerumus dalam narkoba. Biasanya jika sudah terjerumus kenarkoba orang tua mereka hanya saling menyalahi bahkan lebih buruknya mereka memarahi anak mereka/menyalahi anak mereka sehingga membuat keadaan semakin lebih buruk, mereka tidak sadar apa kesalahan mereka. anak jika sudah merasa di rumah sudah tidak aman atau tidak tentram (orang tua setiap saat bertengkar), meraka akan melarikan diri mencari sesuatu yang membuat mereka tenang, memang ada anak yang melarikan diri ke arah positif tapi lebih dominan kepada kearah negatif., bukan hanya itu jika mereka merasa kesepian meraka juga melakukan hal-hal yang aneh bahkan meraka sengaja mencari masalah kemungkinan untuk mendapatkan perhatian dari orang tua mereka.

3. Teman atau Sahabat
     Teman atau Sahabat adalah sesorang yang membuat kita merasa nyaman, terkadang kita ingin menjadi seperti mereka atau kita ingin melakukan apa yang dilakukan oleh mereka.Allah SWT bernah bersabda pada inti dari sabda Nya berkumpulah pada orang-orang soleh dapat kita tarik kesimpulan jika kita berkumpul (berteman) pada orang soleh kita akan mengikutinya karena kita mengaguminya, jika kita berkumpul apa orang pecandu narkoba kita dapat juga terserumus kedalamnya, jadi berhati-hatilah dalam mencari teman karena teman itu dapat membawa kita kejalan kejahatan (dunia hitam) atau kejalan kebaikan, jika anda orang tua anda harus melihat anak anda berteman pada siapa, jika mereka berteman pada orang yang tidak baik tindakannya maka jelaskan kepada anak anda dengan logis dan jangan memarahi mereka jika anda memarahi mereka malah mereka akan bertindak sebaliknya.

 4. lingkungan
   Lingkungan adalah temapat sekitar tinggal kita, ini sanagat berpengaruh bagi kita atau anak kita, berpengaruh terhadap pola pikir kita, adat istiadat dan budaya kebiasaan kita. Jika kita tinggal di tempat kawasan yang orang-orangnya tidak benar atau pecandu narkoba, maka siap-siaplah anak anda akan terjerumus kepada hal tersebut, anak selalu meniru hal-hal yang berada disekitar kita untuk itu jika anda seorang orang tua maka hendaklah mencari tempat tinggal yang lingkungannya orang-orang beriman.

No comments:

Post a Comment

Free Backlinks